Parkir Motor vs Sekolah

15 08 2008

Mungkin anda bertanya-tanya, kenapa saya mengambil judul tersebut. Ada apa dengan parkir motor dan sekolah? Apakah ada hubungan di antara keduanya?

Seringkali kita dengar, bahwa biaya pendidikan di Indonesia terbilang cukup tinggi (khususnya bagi sekolah swasta). Sehingga para orang tua cukup dipusingkan dengan masalah tersebut. Bahkan bagi sebagian orang pendidikan dijadikan nomor kesekian.

Baiklah, mari kita berhitung.

Seorang tetangga saya berprofesi sebagai penyalur (detailer) obat. Tiap hari ia harus berkeliling, dari satu tempat praktek dokter yang satu ke dokter yang lain. Dari rumah sakit yang satu ke rumah sakit yang lain. Begitu seterusnya, tiap hari dalam satu bulan. Dalam sehari, ia bisa mengunjungi 10 dokter dan 2 rumah sakit. Taruhlah, biaya sekali parkir adalah Rp 1.000 dan dalam satu bulan ada 25 hari kerja. Maka dapat dihitung, dalam satu bulan ia harus mengeluarkan uang untuk biaya parkir sebesar Rp 300.000.

Atau, bagi Anda yang perokok. Misalkan dalam sehari Anda menghabiskan 1 bungkus rokok dengan harga Rp 4.000. Maka dalam satu bulan, Anda telah membakar uang tak kurang dari Rp 120.000.

Jumlah tersebut, tentu jauh lebih besar bila dibandingkan dengan jumlah spp atau iuran pendidikan anak kita dalam 1 bulan hanya kisaran Rp 50.000 – 100.000. Sudah begitu, anak kita di sekolah tidak hanya didiamkan sebagaimana tukang parkir akan mendiamkan motor yang kita parkir. Sekolah akan memberikan ilmu pengetahuan kepada anak kita, memberikan mereka ketrampilan hidup dan ketrampilan sosial. Sehingga mereka mampu hidup di masyarakat.

Pertanyaannya sekarang. Kalau kita rela merogoh kantong untuk biaya parkir motor, rela membakar uang dengan merokok. Tidakkah kita rela menyisihkan pendapatan untuk pendidikan anak-anak kita? Untuk masa depan mereka?

Silakan pilih, parkir motor, rokok atau pendidikan anak. Semua tergantung Anda.

Ditulis oleh abahetika


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: